Jl Parasamya No. 19 Beran Lor Tridadi Sleman Senin - Jumat 09:00-16:00 Sabtu 09:00-12:00

KEGIATAN PEMBINAAN DAN PELATIHAN BAGI KELOMPOK PEMERHATI DAN PERLINDUNGAN ANAK

Pada hari Kamis tanggal 31 Oktober 2019, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Sembada diundang oleh Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman sebagai narasumber dalam kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Bagi Kelompok Pemerhati dan Perlindungan Anak. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Wedomartani yang dihadiri oleh perwakilan PAUD, sekolah, dan satgas PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) yang terdapat di Desa Wedomartani.


Kegiatan tersebut dibagi ke dalam 2 (dua) sesi penyuluhan dengan waktu 45 (empat puluh lima) menit untuk masing-masing sesi. Sesi pertama berisi tentang “Perlindungan Anak di Ranah Hukum” dengan narasumber Bapak Sapto Nugroho Wusono, S.H., M.H. selaku Pembina LBH Sembada. Dalam sesi tersebut dijelaskan mengenai perlindungan anak di dalam Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA), perlindungan anak dalam hukum ketenagakerjaan, perlindungan anak dalam perspektif hak asasi manusia, dan perlindungan anak dalam hukum perkawinan.

Sedangkan sesi kedua berisi tentang “Pemerhati Anak” dengan narasumber Bapak Nyadi Kasmoredjo sebagai Pemerhati Masalah Sosial Anak dan Pegiat Perlindungan Anak. Dalam sesi tersebut dijelaskan tentang pemerhati anak, perlindungan anak, sistem perlindungan anak, keterampilan dasar berkomunikasi bagi pemerhati anak, teknik wawancara dengan anak, teknik observasi, pencatatan, dan pelaporan kasus anak, dan juga pedoman prinsip etik.
Kegiatan berlangsung dengan baik dan menarik, hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut. Selesai sesi banyak peserta yang bertanya mengenai permasalahan anak yang pernah mereka hadapi di lingkungan sekitar mereka.

Share:

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *